Responsive Ad Slot

Latest

latest

5 Ritual Menjelang Ujian Nasional yang Wajib Kamu Ketahui

Wednesday, April 8, 2015

/ by Bapak Tumijan
5 Ritual Menjelang Ujian Nasional yang Wajib Kamu Ketahui- Menjelang UN dimulai biasanya siswa dan orangtuanya mempunyai ritual-ritual aneh yang diyakini jika ritual itu dilakukan maka akan membawa kabar baik bagi yang menjalankan ritual tersebut, yaitu dinyatakan lulus ujian nasional dengan hasil memuaskan.
Jikalau ritual dipandang dari sudut agama islam.ritual itu sangat diharamkan, karena menimbulkan kepercayaan kepada selain tuhan yang maha esa, yaitu Alloh SWT.
Berikut ini, 5 Ritual Menjelang Ujian Nasional yang Wajib Kamu Ketahui seperti dirangkum Okezone, Selasa (7/4/2015).
Foto Ujian Nasioanl 2015

1. Ritual brobosan
Ritual ini mengharuskan siswa keluar rumah melalui kolong kaki ibunda. Salah satu siswa di Pamekasan melakukan ritual brobosan sebanyak tiga kali ketika akan berangkat sekolah untuk mengikuti UN. Tujuannya, meminta restu sang ibu agar dia lancar mengerjakan soal.
Filosofi brobosan adalah melalui kedua kaki ibu, seperti yang terjadi saat manusia baru lahir ke dunia. Selain meminta restu, ritual ini dimaksudkan agar si anak memahami pengorbanan hidup mati ibunya.

2. Jampi-jampi pensil
Di Jombang, siswa sebuah madrasah aliyah (MA) menjampi-jampi pensil yang akan mereka gunakan untuk ujian. Tujuannya sama, yaitu mengharapkan kelancaran saat UN karena meski sudah belajar keras, siswa tetap merasa kurang percaya diri.

3. Minum air putih dicampur dengan abu dari kertas yang dibakar usai belajar
Ada juga siswa yang melakukan ritual aneh dengan meminum air putih dicampur dengan abu dari kertas pelajaran yang dibakar usai belajar. Para siswa meminum air itu agar tetap percaya diri saat menghadapi soal UN.

4. Guru basuh kaki siswa dan sungkeman
Ritual menjelang UN ini tidak biasa karena para guru dan orangtua membasuh kaki siswa dan anak mereka. Biasanya, anaklah yang membasuh kaki orangtua. Ritual ini dilanjutkan dengan sungkeman para peserta UN ke orangtua dan guru untuk meminta doa restu agar bisa menjalani UN dengan lancar.

5. Mandi kembang
Siswa di sebuah sekolah melakukan mandi kembang agar siap menghadapi UN. Tetapi, para siswa tidak mengguyur tubuhnya dengan air kembang, hanya membasuh tangan dan wajah mereka. Ritual itu dilakukan setelah semua murid selesai berdoa bersama dan bersalaman dengan kepala sekolah beserta para guru.
Pihak sekolah berdalih, ritual membasuh tangan dan wajah dengan menggunakan air kembang hanya pelengkap dan tidak ada unsur mistis. Diharapkan, dengan mencuci tangan dan wajah dengan air kembang para siswa pun menjadi rileks dan tidak stres.

Dari 5 Ritual Menjelang Ujian Nasional yang Wajib Kamu Ketahui  diatas, pernahkah anda melakukan salah satu ritual diatas? Ayoo ngaku deh :D
Kalau mimin sendiri tidak pernah melakukan kelima ritual diatas. Waktu jaman mimin ujian nasional, yang sering dilakukan itu ialah sholat istighosah dan bermuhasabah yang dipimpin oleh seorang ustad di sekolah maupun di tempat mimin ngaji. hehehe
Kalau di sekolah kalian bagaimana? Ayooo jawab :D
Source:Okezone.com

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo