Responsive Ad Slot

Latest

latest

Untuk Kamu Mahasiswa Semester Akhir yang Belum Mendapatkan Pekerjaan

Wednesday, April 8, 2015

/ by Bapak Tumijan
Untuk Kamu Mahasiswa Semester Akhir yang Belum Mendapatkan Pekerjaan- Ketika kamum sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir, dan satu langkah lagu menuju wisuda itu sangat menyenangkan seali, apalagi kamu lulus dengan tepat waktu dan mendapat presdikat comlude. Tetapi adakalanya kita sering melupakan mau kemana kia sesudah lulus dari perkuliahan? mau kerja atau mau meneruskan kuliah ke tingkat yang lebih tinggi?
Ketika pilihanmu sesudah kuliah ingin bekerja, tetapi kamu belum mendapat kerja sebelum kamu lulus kadang itu menyakitkan, apalagi melihat teman-teman kamu sudah mendapatkan kerja, nah itu lebih menyakitkan :D
Foto Mahasiswa Semester Akhir

Terus bagaimana cara supaya kita mendapatkan kerja sebelum diwisuda alias pada semseter akhir?
Dikutip dari Her Campus, Selasa (7/4/2015), ini yang bisa kamu lakukan supaya mendapat pekerjaan di semester akhirmu.

1. Pastikan kamu memiliki LinkedIn
Media sosial ini bisa membuatmu terhubung dengan kalangan-kalangan profesional, terutama bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Cobalah membuat akun dan perbarui selalu profilmu.

2. Manfaatkan pusat pengembangan karier di kampus
Di tempat ini kamu akan bisa mendapat bantuan dari tenaga-tenaga ahli yang akan membantumu menemukan pekerjaan yang kamu inginkan. Karena itu buatlah resume, persiapkan wawancara dan terhubunglah dengan orang-orang yang akan kamu temui di masa depan.

3. Temukan perusahaan idaman
Lakukan pencarian mengenai perusahaan yang kamu inginkan. Kemudian buatlah daftar referensi aplikasi yang dicari, seperti kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Melamar ke perusahaan yang ditargetkan lebih efektif ketimbang menyebar resume sebanyak mungkin ke sana kemari.

4. Hubungi alumni
Jika kamu ingin bekerja sesuai dengan jurusan yang telah kamu tekuni, cobalah untuk menghubungi alumni. Mereka akan membantumu untuk memberikan gambaran tentang jenis pekerjaan yang telah mereka dapatkan dan bagaimana mengerjakannya.

5. Manfaat jaringan pribadi
Memanfaatkan jaringan pribadi seperti dari orang tua, saudara atau teman sangat berhasil. Biarkanlah semua orang tahu bahwa kamu akan segera lulus dan sedang mencari kesempatan untuk bisa mengembangkan karier sesuai dengan jurusan yang kamu tekuni.

6. Punya pengalaman baru
Perhatikan teman-teman kuliahmu yang sudah mendapatkan pekerjaan. Belajarlah dari mereka. Apa hal berbeda yang telah mereka lakukan? Mereka bisa segera mendapat pekerjaan karena bisa jadi lebih menonjol dari yang lain.

7. Melamar magang
Pada akhirnya, kamu masih bisa melamar untuk magang. Kamu bisa gunakan kesempatan magang ini, bila kamu belum bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu sukai.

8. Tetap tenang dan terus mencari
Jika kamu sudah berusaha untuk menemukan pekerjaan, jangan panik. Kamu tidak harus khawatir ketika orang lain bisa mendapat pekerjaan, karena proses perekrutan karyawan di setiap perusahaan itu berbeda-beda.
Source: Okezone.com

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo