Responsive Ad Slot

Latest

latest

Universitas Indonesia Buka 4 Prodi Baru

Monday, February 1, 2016

/ by Bapak Tumijan

universitas indonesia2

Universitas Indonesia (UI) membuka empat program studi (prodi) baru di tahun 2015 ini, yaitu Program Studi S-1 Geologi, Program Studi S-1 Geofisika, Program Studi S-1 Statistika yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta program studi S-1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang menjadi bagian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).
Calon mahasiswa baru UI tahun akademik 2015/2016 dapat memilih program studi baru tersebut melalui ujian SIMAK UI 2015 atau ujian tulis SBMPTN 2015. Daya tampung tiap-tiap program studi tersebut adalah 60 mahasiswa.
Pendaftaran melalui jalur SIMAK UI dibuka pada tanggal 27 April-29 Mei 2015 dan dilakukan secara online melaluiwww.penerimaan.ui.ac.id.  Tes SIMAK UI akan dilaksanakan pada 14 Juni 2015. Sementara itu, pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan pada 11-29 Mei 2015. Tes SBMPTN akan dilakukan pada tanggal 9 Juni 2015.
Geologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pemahaman tentang bumi, material penyusunnya, proses-proses yang berlangsung selama atau setelah pembentukannya, dan makhluk hidup yang pernah ada atau hidup di bumi. Seorang geologis (ahli geologi) bekerja untuk memahami proses terjadinya bumi, terbentuknya batuan dan mineral, terjadinya bencana alam, dan keselamatan lingkungan.
Sementara itu, geofisika adalah bidang ilmu yang mengombinasikan metodologi ilmu fisika dan konsep ilmu geologi untuk memahami struktur bawah permukaan bumi. Salah satu manfaat ilmu geofisika adalah untuk mengetahui keberadaan sumber daya alam yang tersimpan di dalam bumi, seperti minyak bumi, gas alam, batubara, mineral bahan tambang, panas bumi, dan air tanah.
Lebih jauh lagi, ilmu geofisika juga bisa dimanfaatkan untuk mitigasi bencana kebumian (seperti identifikasi daerah rawan gempa, tanah longsor, bencana akibat letusan gunung api) dan identifikasi masalah lingkungan, di antaranya pemetaan sebaran pencemaran limbah di bawah tanah.
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan. Kesempatan karier bagi lulusan S-1 sta­tistika sangat luas, tidak terbatas menjadi pendidik. Se­jumlah profesi yang bisa di­geluti seperti aktuaris, ma­najemen risiko, data analis, konsultan statistika, perbankan dan asuransi, pe­nelitian dan pengembangan, riset pemasaran.
Terakhir, ilmu K3 adalah ilmu dalam pengelolaan bahaya (antisipasi, rekognisi, evaluasi dan pengendalian) di tempat kerja yang berpotensi menurunkan derajat kesehatan dan kesejahteraan pekerja. Saat ini, keilmuan K3 UI terdiri atas beberapa bidang kajian, yaitu kesehatan kerja (occupational health), keselamatan kerja (occupational safety), ergonomi (ergonomic), higiene industri (industrial hygiene), dan faktor manusia dan perilaku dalam K3 (human factor and behavior in OHS).
Lulusan K3 memiliki peluang karier di berbagai sektor industri seperti perminyakan, pertambangan, manufaktur, konstruksi, transportasi, pertanian, kesehatan, laboratorium, pengajar, konsultan, pemerintahan maupun swasta
#Sumber : ui.ac.id

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo