Responsive Ad Slot

Latest

latest

Cara Mencegah Diri dari Virus Pengangguran Berpendidikan

Tuesday, April 14, 2015

/ by Bapak Tumijan
Cara Mencegah Diri dari Virus Pengangguran Berpendidikan- Pengangguran di indonesia masih menjadi hal yang sangat menakutkan bagi bangsa ini. Pengangguran tidak hanya menimpa orang yang putus sekolah atau bahkan tidak menempuh pendidikan formal sekalipun, tetapi juga menimpa orang yang berpendidikan alias orang yang menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi. Lalu apa yang menyebabkan orang yang berpendidikan bisa menjadi seorang pengangguran? Apa sebab dan solusinya suapaya tidak menjadi pengangguran berpendidikan? Yuk kita simak!
Foto Pengangguran

Coorporate Communication Consultant dari Maverick, Marsha Imaniara menilai, masalah pengangguran berpendidikan ini cukup kompleks. Bisa jadi, sarjana yang tersedia tidak sebanding dengan tersedianya lapangan pekerjaan.
"Atau banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknologi sehingga tidak lagi membutuhkan tenaga kerja," kata Marsha, ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.
Marsha menduga, para pengangguran berpendidikan ini bisa jadi tipe mahasiswa yang hanya berorientasi kelulusan. Nilai-nilai mereka pun bagus di transkrip akademik.
"Tetapi mereka tidak aktif dalam organisasi. Alhasil, mereka kesulitan untuk berkontribusi di dalam perusahaan," imbuhnya.
Selain ketidaksiapan mahasiswa memasuki dunia kerja, kata Marsha, fenomena pengangguran berpendidikan juga dipengaruhi minimnya kesadaran masyarakat untuk mulai berwirausaha. "Mahasiswa setelah lulus cenderung untuk mencari pekerjaan dan bukannya menciptakan lapangan pekerjaan," tuturnya.
Foto Needs Job

Nah, jika kamu masih kuliah di perguruan tinggi, persiapkanlah dirimu sedini mungkin untuk mengahdap masa depanmu yang belum tentu sukses atau tidaknya. Salah satu caranya yaitu dengan berwirausaha kecil-kecilan di kampus, sperti dagang makanan, baju, aksesoris, buku, dll. Dan magang juga bisa menjadi referensimu supaya tidak shok dalam dunia kerja dimasa depan.
Source: Okezone.com

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo