Responsive Ad Slot

Latest

latest

8 Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia

Thursday, April 16, 2015

/ by Bapak Tumijan
8 Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia- Kamu baru lulus SMK dan bingung mau ngelanjutkan kemana? Ke Perguruan Tinggi Negeri kesempatannya tidak sebesar anak SMA. terus selain ke PTN, kemana lagi? Mau ke Perguruan Tinggi Swasta yang biayanya melmbung tinggi, tapi tidak punya dana sebanyak itu. Bagaimana kalau meneruskan ke Politeknik saja? Apa itu politeknik? Yuk kita bahas dulu.
Istilah politeknik berasal dari bahasa Yunani ???? (polú atau polý) yang berarti “banyak” dan ? (tekhnikós) yang berarti “seni”.

Politeknik sendiri sering disamakan dengan institut teknologi, tetapi bedanya politeknik tidak mengeluarkan lulusan bergelar Sarjana, melainkan Diploma. Kebanyak Politeknik mengelurkan lulusan yang bergelar Diploma III, dan kuliahnyapun selama 3 tahun.
Bedanya Politeknik dengan Universitas terdapat pada muatan materi atau kurikulumnya, Universitas lebih mengulik pada suatu teori dan minim praktik langsung. Sedangkan Politeknik hampir 75% Praktik dilapangan. seru bukan?
Kalau diibaratkan, Universitas itu bisa diibaratkan sebagai SMA/MA, sedangkan Politeknik dapat diibaratkan sebgai SMK/MAK.
Foto Robot Polban

Di Indonesia sendiri politeknik merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, intitusi, sekolah tinggi maupun universitas. Politeknik adalah penyelenggara pendidikan tinggi dengan bidang pengetahuan khusus. Tujuannya agar lulusanya dapat bekerja secara professional dalam keahlian tertentu, politeknik memberikan pengalaman belajar dan latihan yang memadai untuk membentuk kemampuan profesional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Jangan salah ya, Politeknik tidak kalah gengsi kok dengan Universitas-universitas favorit yang ada di Indonesia. Banyak mahasiswa Politeknik yang berprestasi dibidang teknologi, slahsatunya Politeknik Negeri Bandung yang baru saja meraih gelar juara robotik tingkat internasional.
Berikut admin akan berikan informasi tentang 8 Politeknik Terbaik dan Terfavorit di Indonesia. Yuk simak baik-baik!

1. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman-Bandung)
Foto Polman

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (Polman-Bandung) adalah Politeknik Negeri pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). POLMAN Bandung berdiri sejak tahun 1976 merupakan hasil kerjasama bilateral antara pemerintah RI dan pemerintah Konfederasi Swiss, yang dalam pelaksanaannya Pemerintah Indonesia diwakili oleh ITB dan Swisscontact mewakili Pemerintah Swiss yang berakhir pada tahun 1995.
POLMAN Bandung adalah politeknik pertama di Indonesia yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Sjarif Thajeb pada tanggal 24 Maret 1977 meskipun angkatan mahasiswa pertama masuk tahun 1976. Pengembangan POLMAN Bandung selanjutnya dibantu melalui pendanaan dari pinjaman ADB dan Bank Dunia serta proyek-proyek DIP, IGI dan TPSDP.

 2. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN):
Foto Polban


Politeknik Negeri Bandung pada awalnya bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung, namun sejak tahun 1999 tidak lagi di bawah naungan ITB lagi sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung. Politeknik Negeri Bandung ini atau yang biasa disingkat POLBAN terletak di Jl Gegerkalong Hilir.
Ada tiga program yang ditawarkan dalam politeknik ini, yakni kelompok Rekayasa yang meliputi Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Konvensi Energi dan lain-lain. Kelompok Tata Niaga meliputi Jurusan Akuntansi, Administrasi Niaga dan Bahasa Inggris, serta D4 L yang meliputi program ektensi yang dikhususkan untuk D3 yang telah memiliki pengalaman kerja.

 3. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ):
Foto PNJ


Politeknik Negeri Jakarta, sejarahnya bermula dari fakultas non gelar teknologi Universitas Indonesia (FNGT-UI), yang kemudian menjadi Politeknik Universitas Indonesia.Politeknik Universitas Indonesia didirikan 20 September 1982, sejak 25 Agustus 1998 menjadi mandiri dengan nama Politeknik Negei Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.

 4. Politeknik Negeri Medan:
Foto Politeknik Negeri Medan

 
Pada tahun 1979 Universitas Sumatera Utara ditetapkan sebagai salah satu dari 6 Universitas/Institut yang mendapat proyek pembangunan Pendidikan Politeknik Tahap I dari DIKTI, dengan nama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) Medan. Pembangunan Politeknik USU dibiayai oleh Bank Dunia (World Bank). Melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997 tentang Pendirian Politeknik Negeri Medan, maka Politeknik USU Medan secara resmi menjadi Politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan (Polmed).

Spoiler for 5. Politeknik Negeri Samarinda:
Politeknik Negeri Samarinda adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman, yang resmi berdiri berdasarkan surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.080/Dikti/Kep/85 tertanggal 3 Desember 1985.

6. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS a.k.a EEPIS):
Foto PENS



PENS dimulai pada tahun 1985. Saat itu, tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk bantuan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang ke politeknik ini. Setelah melakukan pengamatan dan studi kelayakan di tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik di tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang.

 7. Politeknik Negeri Malang (Polinema):
Foto Polinema
Politeknik Negeri Malang atau yang dikenal dengan Polinema adalah salah satu institusi pendidikan yang menawarkan berbagai program studi baik dalam bidang rekayasa maupun jasa. Saat ini Polinema memiliki 6 jurusan dan 17 program studi dengan program diploma 3 dan diploma 4.
Sistem pendidikan di Polinema fokus pada mempersiapkan lulusan dengan ketrampilan dan kompetensi yang dibutuhkan industri. Sistem pendidikan di Polinema terdiri dari 40% teory dan 60% praktek melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi 5+1 untuk mahasiswa diploma 3, dan 7+1 bagi mahasiswa diploma 4.

 8. Politeknik Negeri Batam:
Politeknik Negeri Batam
Pada awalnya Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam. Dengan demikian mulai Tahun akademik 2011/2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam adalah mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.
Source: Kaskus.com

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo