Responsive Ad Slot

Latest

latest

5 Hal Wajib yang Harus Diketahui Oleh Mahasiswa Baru

Friday, April 17, 2015

/ by Bapak Tumijan
5 Hal Wajib yang Harus Diketahui Oleh Mahasiswa Baru- Menjadi mahasiswa baru itu ada asyik dan sedihnya. Asyiknya terasa disayangi oleh kakak tingkat, dosen, dan pihak lain di universitas (mungkin karena masih baru). Sedihnya itu kita harus beradaptasi dengan lingkungan kampus, dari mulai lingkungan kosan, teman baru, budaya baru, kebiasaan baru, sistem belajar baru, ospek, organisasi baru, jadwal belajar baru, dll. Dan yang lebih parahnya lagi kita selalu homesick setiap hari :(.
Tapi semuanya itu akan berjalan sendiri kok dan gak perlu berlebihan untuk dipikirkan. Karena yang merasakan itu semua tidk hanya kamu, tetapi hampir semua mahasiswa mengalami itu. Terutama mahasiswa yang luar daerah alias ngekos.
Disini admin mau berbagi informasi 5 Hal Wajib yang Harus Diketahui Oleh Mahasiswa Baru. Penting banget buat kamu yang merasa mahasiswa baru. Simak baik-baik ya!

Foto Maba
1. Tinggal jauh dari rumah
Awalnya sih, semangat untuk kuliah jauh dari rumah. Ngekos dan punya kebebasan karena enggak ada orangtua yang cerewet tentang segala macam. Tetapi, rasanya kok lebih banyak bikin stres ketimbang menyenangkan, ya? Ternyata susah banget belajar mandiri, dan di saat yang sama beradaptasi dengan lingkungan baru serta mencari teman yang tulus.

2. Kehidupan kampus enggak selalu seru
Kalau dengar cerita kakak kelas, masa-masa kuliah rasanya seru banget. Kita bisa begadang bareng teman-teman di kampus, camping setiap minggu atau sekadar maraton nonton serial yang lagi ngetren sama teman satu kos. Keseruan ini enggak mutlak, kamu tetap harus ingat tujuan utama kuliah adalah untuk belajar.

3. Membangun persahabatan juga enggak mudah
Mencari teman di kampus tidaklah sulit, karena itulah yang biasanya dibutuhkan sesama mahasiswa baru. Tetapi, sebaiknya jangan sampai hanya lengket dengan satu dua orang. Berkenalanlah dengan banyak orang, terutama mereka yang dapat membantumu berkembang sebagai pribadi dewasa.

4. Seimbangkan hidup
Kuliah sambil bekerja paruh waktu dan bergaul dengan teman membuat jadwalmu sehari-hari sangat padat. Rasanya jadi enggak punya waktu untuk istirahat, deh. Jangan seperti ini. Aturlah semua aktivitasmu agar seimbang antara kuliah, bermain, kewajiban lain dan istirahat.

5. Stres karena merasa harus sempurna
Tuntutan orangtua agar dapat nilai bagus dan lulus tepat waktu saja sudah bikin stres, belum lagi keharusan memikirkan karier dan masa depan. Duh, itu berat banget buat remaja belasan tahun. Karena itulah, serius tapi tetap santai. Kita enggak mungkin bisa selalu sempurna dalam semua hal. Jalani semua sebaik mungkin dan juga nikmati masa kuliah beserta hal-hal menyenangkan di dalamnya.

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo