Responsive Ad Slot

Latest

latest

Tips Membaca Cepat yang Baik dan Benar

Saturday, April 18, 2015

/ by Bapak Tumijan
Tips Membaca Cepat yang Baik dan Benar- Membaca memang sangat penting bagi kehidupan kita. Tak salah jika surat yang diturunkan Alloh SWT kepada Nabi Muhammad ialah Iqra, yang artinya bacalah. Sejak kita memasuki Taman Kanak-kanak, kita sudah mulai belajar membaca. Dari mulai mengenal huruf Alfabet, mengeja antar huruf, dan sampai kita bisa membaca.
Pada hakikatnya membaca itu bukan hanya membaca tulisan, tetapi lebih dari itu, yaitu memahami isi dari tulisan tersebut. Orang indonesia sering salah mengartikan antara membaca dan belajar membaca.
Berbicara tentang kecepatan membaca, rata-rata orang dewasa hanya bisa membaca sekira 200 kata per menit. Sementara itu, pelajar bisa membaca sampai 325 kata per menit.
Menguasai belajar membaca cepat akan membuat anda cepat dalam menangkap isi dari sebuah tulisan/informasi. Mau tahu caranya? Yuk simak baik-baik!
Foto Anak Sedang Membaca
1. Konsentrasi
Ini adalah kunci agar kita bisa membaca cepat. Artinya, kita harus menjauh dari gadget dan media sosial agar bisa fokus. selain itu juga, usahakan ruangan tempat belajar anda bersih.

2. Kecepatan
Fokus saja pada kecepatan membaca, kemampuan pemahaman kita akan membaik seiring banyaknya latihan. Kamu bisa juga menggunakan pulpen atau jari untuk menghindari terlewatnya sejumlah kata saat dibaca.

Trik lainnya adalah meningkatkan luas bidang baca dan mengurangi pergerakan mata. Selain itu, sebaiknya kamu enggak membaca dengan suara keras karena otakmu lebih cepat ketimbang lidahmu.

3. Pemahaman
Materi bacaan yang berbeda memliki tipe pemahaman yang berbeda pula. Membaca buku novel fiksi tentu berbeda dengan buku sejarah atau kimia. Sebelum mulai membaca, kamu harus bisa menilai jenis dan tujuan teks tersebut.

4. Mengingat
Kita sering lupa 50 persen dari apa yang telah kita pelajari dalam satu jam kecuali kita belajar mengingatnya atau rutin mengulang. Jadi ingatlah, pengulangan adalah fondasi dalam belajar.

Foto Membaca
Kita bisa mengulang dengan membuat catatan. Kemudian, mengajari orang lain tentang materi yang sudah dipelajari dapat menunjukkan level pemahaman kita atas materi tersebut. Cara yang lain yang lebih tokcer ialah menggunakan mindmap konvensioanal maupun imindmap.
Suatu tulisan tidak ada apa-apanya jika tidak dipraktekan. Nah sekarang ayo praktekan apa yang sudah kamu pahami dari artikel ini.
Source: Okezone.com

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo