Responsive Ad Slot

Latest

latest

Kenali Gejala Corona

Saturday, August 1, 2020

/ by Admin

Wabah virus corona ini telah meresahakan masyarakat yang ada di Indonesia. Serangan virus ini menghambat aktivitas masyarakat yang ada. Hal ini membuat beberapa negara melakuakan kebijakan Lockdown. Semakin banyak jumlah masyarakat yang terserang dan gejala yang ditimbulkan pun cukup beragam. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita semua untuk memahami gejala corona.

Virus yang menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan memiliki gejala ringan seperti flu. Akan tetapi tak jarang masyarakat terkena gejala berat seperti infesksi paru-paru. Virus yang dikenal dengan nama covid-19 (Corona Virus Disease 2019) diduga dari Wuhan, Tiongkok. Virus ini dapat menyebar melalui hewan ke manusia dan manusia ke manusia.

Faktor yang membuat virus ini cepat menyebar adalah kurangnya sistem kekebalan tubuh. Namun tidak hanya itu, biasanya virus ini menyebar karena cuaca yang mendukung. Kenali gejala virus corona untuk melindungi diri sendiri dan orang disekitar kita.

Gejala infeksi covid-19
Virus corona dapat menimbulkan beberap gejala. Gejala yang muncul bergantung dengan jenis virus corona mana yang menyerang. Berikut adalah gejala virus corona ringan:

Sakit kepala
Gejala sakit kepala karena terinfensi covid-19 sering terjadi saat pasian corona yang berada dalam kondisi kritis. Biasanya infeksi telah menyerang paru-paru yang akhirnya berujung pada sakit kepala. Pasian benar-benar berjuang di ruang ICU saat gejala ini terlihat.

Berbeda dengan sakit kepala karena migrain. Sakit kepala karena migrain terasa berdenyut di dalam kepala. Biasanya orng yang tererang migrain memiliki sikap mudah tersinggung, sensitif terhadap cahaya atau bahkan mual.

Batuk
Batuk pada gejala covid-19 tentu tidak sama dengan batuk biasa. Batuk infeksi covid terasa kering, parsisten, dan akan membuat pasien sesak nafas.  Hal itu karena mengingat bahwa covid menyerang jaringan yang berada di paru-paru. Ketika infeksi telah merambah ke paru-paru, pasien akan mengalami nafas pendek dan berjuang untuk mendapatkan oksigen yang cukup.

Sakit tenggorokan
Saat tenggorokan terasa sakit biasanya terjadi selama sesaat. Biasanya disebabkan karena tidur yang terlalu lama dan tidak disadari menghirup udara dingin, hal tersebut membuat tenggorokan mengering. Namun jika mengalami sakit tenggorokan yang berkepanjangan, anda bisa langsung menghubungi doktor.

Demam
Demam adalah penyakit umum yang sering dialami oleh masyarakat. Faktor penyakit ini karena kelelahan. Akan tetapi semenjak adanya wabah, masyaralat harus mengetahui perbedaan antara demam biasa dengan demam karena tertular covid. Masyarakat yang memiliki gejala ini biasanya tubuh bersuhu diatas 38 derajat celcius.

Merasa tidak enak badan
Tak jarang pasien covid tidak memiliki gejala pada awalnya. Biasanya masyarakat sering mengabaikan saat tidak enak badan. Padahal salah satu gejala adalah merasa tidak enak badan atau asimptomatik. Saat mengalami gejala ini, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Atasi covid-19
Seseorang dapat tertular virus ini dengan berbagai macam cara seperti tidak sengaja terkena percikan ludah dari penderita covid-19 ketika berbicara, batuk maupun bersin. Seseorang menyentuh benda yang terkena percikan ludah penderita covid tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Serta kontak jarak dekat dengan penderita covid-19.

Bisanya virus ini dicegah melalui beberapa cara seperti menerapkan physical distancing, menggunakan masker, rutin mencuci tangan, meningkatkan daya tahan tubuh, jaga kebersihan lingkugan. Sebenarnya apa pun jenis gejala covid-19 ini sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Next Story Older Post Home

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo