Responsive Ad Slot

Latest

latest

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi, Setidaknya 5 Hal Yang Perlu Anda Tahu

Saturday, June 18, 2022

/ by Admin
 

Ketika sudah memasuki usia dewasa, maka penting sekali untuk mengatur keuangan dengan bijak. Seiring dengan bertambahnya usia, membuat kita harus bisa lebih pintar untuk memilih mana yang menjadi kebutuhan atau hanya sekedar untuk keinginan saja. Dengan semakin besarny penghasilan yang diperoleh, ini tidak bisa menjadi patokan kalau itu membuat kondisi finansial bisa stabil. Sebenarnya begini cara mengatur keuangan pribadi, yang tentunya sangat mudah dan pastinya bisa Anda lakukan.

Begini Cara Mengatur Keuangan Pribadi

1. Menabung
Ini adalah salah satu kebiasaan yang perlu untuk dilakukan, kita sudah tidak asingkan rajin pangkal pandai dan hemat pangkal kaya. Peribahasa itu mmeng benar adanya, dari peribahasa tersebut tentunya mengajarkan pada kita mengenai cara untuk meneapkan budaya supaya kita rajin menabung dan hidup hemat. 

Sebagai manusia kita tidak bisa memprediksi kejadian apa yang bisa saja sewaktu-waktu menimpa kita. Sehingga, dalam hal ini tentu saja alangkah bijaknya kalau Anda bisa menyisihkan berapa persen dari penghasilan yang Anda terima untuk kemudian ditabung.

2. Buat Rincian Pengeluaran
Ini hal yang kedua untuk Anda dalam mengatur keuangan pribadi. Dengan Anda membuat pos pengeluaran disetiap bulannya supaya bisa mudah untuk ditelusuri kemana saja uangnya yang Anda pakai kemana saja. Contohnya untuk biaya makan sehari-hari, belanja kebutuhan primer, untuk melunasi hutang atau cicilan kalau ada, kebutuhan entertainment dsb. Selain itu Anda juga bisa memakai aplikasi pengatur keuangan yang ada atau mencatat secara manual di notebook.

3. Mulai Berinvestasi
Bagi Anda yang menginginkan untuk menyiapkan masa depan yang cerah, maka bisa mengambil Langkah untuk melakukan investasi merupakan sebagai salah satu keputusan yang sangat tepat. Dalam hal ini tentunya ada banyak instrumen investasi yang bisa gunakan diantaranya yaitu saham, obligasi, emas, reksadana, dll yang tentunya sesuai dengan jenis tingkat dari resiko yang muncul. Sebagai awalan maka Anda bisa memilih instrumen investasi yang mempunyai tingkat risiko yang rendah.

Dengan semakin bertambah usia Anda, maka hasil dari investasi yang sudah ditanam semenjak dini tentunya akan sangat terasa manfaatnya.

4. Lunasi Hutang dan Cicilan dengan Tepat Waktu
Untuk Anda yang mempunyai hutang atau cicilan untuk setiap bulannya, contohnya seperti cicilan KPR serta kartu kredit, maka sebaiknya Anda lunasi tepat waktu Ini supaya Anda tidak dikenakan bunga yang terlalu tinggi serta untuk menjaga skor kredit kita yang berada pada status yang baik. Kalau memiliki cicilan kartu kredit, maka sebaiknya Anda usahakan untuk selalu membayar dengan pembayaran yang penuh, dan bukan dengan jumlah minimum pembayaran. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk bisa menghindarkan kita dari kebiasaan yang terlalu konsumtif.

5. Sediakan Dana Darurat
Kita pasti tidak asing dengan dana darurat, ini merupakan dana yang dipersiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga serta mendesak contohnya yaitu seperti terjadinya kecelakaan, sakit, ataupun kondisi pada saat tidak adanya sumber penghasilan. Untuk besarnya dana darurat bagi setiap individu pastinya berbeda, namun pada umumnya yaitu 10 kali dari penghasilan setiap bulan yang kita terima. Sebaiknya Anda pisahkan rekening dana darurat dengan rekening kebutuhan sehari-hari, ini supaya dana darurat tersebut tidak terpakai.

Jadi begini cara mengatur keuangan pribadi¸ setidaknya dari beberapa penjelasan diatas tentunya membuat Anda semakin pintar dalam mengatur keuangan pribadi Anda. Selain beberapa cara diatas tentu masih ada yang lainnya. 

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo