Responsive Ad Slot

Latest

latest

Ini Dia Manfaat Asesmen Kompetensi Bagi Perusahaan

Thursday, April 9, 2020

/ by Admin

Asesmen kompetensi merupakan tes kompentensi yang nantinya akan menunjukkan seberapa tinggi kemampuan intelektual dari seorang karyawan, dapat juga digunakan untuk mengukur kemampuan karyawan dalam melakukan pekerjaannya, serta dapat menunjukkan keterampilan yang dimiliki oleh seorang karyawan. Asesmen kompetensi biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan sebagai pertimbangan dalam menempatkan posisi atau jabatan karyawan sehingga nantinya pembagian posisi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Nah tes asesmen sendiri dapat dilakukan dengan beberapa hal mulai dari quesioner atau melalui tes wawancara, dan sebagainya.

Asesmen kompetensi adalah elemen kunci dari proses kesuksesan dalam perencanaan. Kemudian asesmen kompetensi juga merupakan proses penilaian kinerja untuk mendapatkan bukti-bukti mengenai tingkat kemampaun terkait dengan pengetahuan serta keterampilannya dalam sebuah pekerjaan tertentu. Nah selain yang sudah dijelaskan diatas, terdapat beberapa manfaat dari adanya asesmen kompetensi, adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Uji kelayakan karyawan
Nah salah satu manfaat dari asesmen ini adalah untuk memilih calon karyawan yang handal dan siap untuk menghadapi setiap tantangan pekerjaan. Selain itu juga bermanfaat untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan karyawan yang diperlukan guna membuat para karyawan untuk lebih siap dalam menjalankan tugas-tugasnya di kemudian hari. 

2. Untuk menentukan jenjang karir
Asesmen ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pertimbangan untuk menentukan jenjang karir seorang pegawai. Iya asesmen kompetensi ini dapat digunakan sebagai penilaian apakah pegawai tersebut pantas untuk menduduki sebuah posisi yang dimaksud. Sebab saat ini perusahaan di Indonesia lebih banyak mempertimbangkan performa kinerja dari pada pertimbangan dengan lamanya pekerja berada di perusahaan tersebut. 

3. Untuk memberikan gambaran tentang perkembangan karyawan
Asesmen juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan gambaran tentang kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan. Nah gambaran tentang perkembangan karyawan ini sangat penting guna kemajuan dari sebuah perusahaan. 

4. Sebagai instrumen rekrutmen
Asesmen kompetensi juga sering digunakan sebagai instrumen rekrutmen. Iya dari sini perusahaan dapat mengidentifikasi seputar kompetensi serta kinerja calon karyawan tersebut sehingga nantinya dapat dijadikan pertimbangan tentang kelayakan maupun guna pemetaan posisi yang akan diduduki. 

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo