Responsive Ad Slot

Latest

latest

Apa Fungsi Manajemen SDM? Simak Berikut!

Thursday, April 9, 2020

/ by Admin

Manajemen sumber daya manusia (SDM) merupakan ilmu tentang seni mengatur hubungan serta peranan tenaga kerja sehingga dapat membantu terwujudnya tujuan dari organisasi atau perusahaan secara efektif dan efisien. Iya guna menjalankan sebuah kegiatan baik itu organisasi, lembaga, komunitas, atau perusahaan, tentunya memerlukan penempatan sumber daya manusia yang sesuai antara kompetensi yang dimiliki dengan posisi yang di duduki. Maka dari itu manajemen SDM menjadi hal penting guna mengelola sebuah kegiatan sehingga dapat berjalan dengan baik. 

Manajemen sumber daya manusia tentunya memiliki peran yang penting dalam sebuah organisasi. Dengan adanya manajemen yang baik, maka semua kegiatan akan dapat dikelola dengan baik. Nah berikut adalah beberapa fungsi dari manajemen sumber daya manusia:

1. Guna mengatur dan mengelola pekerja

Dalam hal ini, manajemen sumber daya manusia memiliki tiga langkah penting yakni perencanaan, penarikan, serta tahap seleksi. Nah ketiga tahap tersebut dilakukan guna mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas sehingga nantinya dapat bekerja dengan maksimal sesuai dengan jobdesc masing-masing. 

2. Penggantian atau kepuasan

Manajemen sumber daya manusia berfungsi sebagai bahan untuk mengambil kebijakan mengenai gaji sebagai penghargaan terhadap kinerja karyawan. Nah dalam hal ini pengelolaan struktur gaji yang baik dan sesuai dengan kinerja juga akan mempengaruhi iklim kerja yang lebih baik.

Nah selain beberapa fungsi tersebut, manajemen sumber daya manusia juga memiliki kontribusi yang besar dalam keberhasilan kepemimpinan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang timbul dalam sebuah perusahan. Ada beberapa hal yang menjadi fokus dari manajemen sumber daya manusia diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Manajemen kinerja karyawan.
  • Perekrutan tenaga kerja.
  • Pemberian tunjangan dan kompensasi kinerja karyawan. 
  • Pemberi motivasi kerja. 
  • Komunikasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal dalam perusahaan. 
  • Sebagai edukasi untuk para karyawan. 

Nah dalam hal ini pelatihan SDM harus ditujukan dengan sasaran yang tepat yang harus dilakukan dengan mengintegrasikan kepentingan perusahaan serta karyawan yang mana hal ini dilakukan melalui strategi dan pendekatan yang tepat. 

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo