Responsive Ad Slot

Latest

latest

4 Penyebab Gusi Berdarah

Wednesday, July 31, 2019

/ by Admin

Gusi merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk keberadaan gigi. Biasanya gusi yang sehat ini memiliki warna merah muda dan memiliki teksture padat dengan memiliki permukaan yang halus. Gusi yang sehat ini juga tidak mudah berdarah jika  tergesek atau tertekan. Akan tetapi, gusi ini juga sering kali mengalami peradangan atau berdarah. Tahukah Anda penyebab gusi berdarah tersebut? Yuk kita simak kali ini mengenai gusi berdarah.

Penyebab Gusi Berdarah

1. Jarang sikat gigi
Jika Anda termasuk orang yang malas atau jarang sikat gigi, ini biasanya menjadi salah satu penyebab gusi sering berdarah. Bukan tanpa alasan kalau ada banyak ahli yang menekankan untuk setiap orang rajin dalam melakukan rajin sikat gigi dua kali dalam sehari. Jika semakin jarang Anda dalam menggosok gigi, maka lapisan plak yang menutupi permukaan gigi tersebut akan semakin menebal dan mengeras.

Plak ini merupakan kotoran gigi yang memiliki kandungan banyak bakteri. Palak ini biasanya akan muncul karena adanya sisa-sisa makanan yang tertinggal berada di permukaan gigi atau pada celah gigi yang tidak dibersihkan dengan baik. Tahukah Anda bahwa Plak ini merupakan sebagai salah satu pemicu peradangan pada gusi dan kemudian menjadi salah satu penyebab gusi Anda berdarah sewaktu-waktu.

2. Menyikat gigi terlalu keras
Menyikat gigi dengan menggunakan tenaga seadanya mungkin tidak terasa terlalu bersih untuk beberapa orang. Akan tetapi, dengan kita menyikat gigi dengan sekuat tenaga juga tidak akan menjamin gigi bisa dengan pasti bersih dan mengkilap. Dengan kita menyikat gigi terlalu keras dan kencang ini biasanya justru akan menyebabkan gusi Anda menjadi berdarah. Dengan adanya gesekan atau benturan yang keras ini bisa menyebabkan gusi luka, sehingga memicu perdarahan. Sebaiknya untuk sikat gigi ini Anda perlakukan dengan santai dan perlahan, Jangan lupa juga untuk gunakan sikat gigi yang berbulu lembut. 

3. Kebiasaan merokok
Kita ketahui Bersama bahwa merokok ini bisa merusak kesehatan tubuh, Dalam hal ini termasuk juga untuk kesehatan gigi dan mulut. Perokok aktif bisa dua kali lebih berisiko mengalami gangguan penyakit gusi (periodontitis) dari pada orang nonperokok.
Risiko tersebut muncul dikarenakan rokok ini memiliki  kandungan racun serta  bahan kimia yang berbahaya dan bisa memicu maraknya pertumbuhan bakteri jahat yaitu melalui dalam mulut. Dalam hal ini biasanya juga akan menjadikan Anda akan lebih mudah terkena infeksi serta bisa menyebabkan gusi meradang, bengkak, dan pada akhirnya berdarah.

4. Kekurangan vitamin C dan K
Perlu Anda ketahui bahwa Vitamin C dan K merupakan dua vitamin yang sangat penting berguna untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Akan tetapi  sayangnya, masih banyak orang yang memiliki kekurangan asupan dari kedua vitamin tersebut. Vitamin C ini memiliki peran untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga ini bisa lebih kuat melawan bakteri penyebab dari infeksi pada gusi. Tubuh Anda ini tentunya sangat membutuhkan asupan vitamin C yang digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu juga, vitamin K tersebut dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah. Tanpa adanya asupan vitamin K yang cukup, maka Anda akan lebih mudah berdarah meski hanya dari luka gores kecil.

Nah untuk Anda yang gusinya sering berdarah, bisa jadi penyebab gusi berdarah diatas menjadi awal mula dari fenomena yang terjadi pada gusi Anda tersebut. Semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo