Responsive Ad Slot

Latest

latest

Desa Pariangan, Desa di Indonesia ini Salah Satu Desa Terindah Di Dunia

Thursday, January 21, 2016

/ by Bapak Tumijan

pariangan 
Travelers, kamu suka terpesona melihat desa-desa bagai negeri dongeng di Eropa? Jangan salah lho, Indonesia juga punya kok desa dengan panorama dan suasana indah yang membuat kamu betah berlama-lama di sana. Bahkan, akhir 2012 lalu, desa ini termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Budget Travel. Empat desa lainnya adalah Desa Wengen (Swiss), Eze (Prancis), Niagara on the Lake (Kanada) serta Cesky Krumlov (Ceko).
Nama desa itu adalah Nagari Pariangan atau Desa Pariangan yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Pariangan merupakan nagari tertua di Minangkabau dan berada tepat di lereng Gunung Marapi, yang berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Batusangkar.
Budget Travel sendiri merupakan media pariwisata internasional yang sudah cukup lama eksis. Menurut Budget Travel, Pariangan termasuk dalam daftar desa terindah dunia bukan hanya menyuguhkan pemandangan mempesona, tapi juga memiliki suasana tenang dan udara yang sejuk karena berada di ketinggian 500 – 700 meter di atas permukaan laut.
rumah gadang
Ketika mengunjungi nagari ini, kamu akan disuguhi pemandangan indah serta budaya dan arsitektur bangunan yang masih terjaga hingga hari ini. Kamu juga bisa menemukan bahwa sebagian besar warga di Pariangan masih menggunakan bangunan tradisional Minangkabau, yakni rumah gadang. Banyak diantaranya bahkan sudah berusia ratusan tahun lho. Keberadaan Masjid Ishlah yang merupakan desa tertua di ranah Minang menambah kaya warisan budaya Pariangan.
Di bagian awal desa kamu akan disuguhi pemandangan perkebunan jagung dan beberapa tanaman lain. Kamu harus berjalan kaki beberapa menit sebelum tiba di pemukiman. Layaknya kawasan pedesaan, pemukiman di Pariangan tidak terlalu padat, sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati suasana desa.
pariangan
Sepanjang mata memandang kamu bisa menikmati panorama sawah menghijau yang menyejukkan. Tapi, jJika pemandangan indah belum cukup untuk kamu, selama berada di Pariangan, kamu juga bisa menikmati pemandian air panas yang diyakini memiliki sumber air dari Gunung Marapi. Kadar sulfurnya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit lho, travelers.
Warga di desa Pariangan memiliki kebiasaan mandi bersama-sama di tempat pemandian umum atau yang biasa disebut tapian mandi yang bisa kamu temukan di depan Masjid Ishlah. Terdapat satu tapian mandi untuk perempuan yang diberi nama Rangek Subarang, serta dua tapian mandi untuk laki-laki bernama Rangek Gaduang dan Rangek Tujuah. Selain untuk mandi, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai tempat mencuci.
Tertarik mengunjungi desa ini? Nagari Pariangan terletak di tepi jalan yang menghubungkan kota Batusangkar dan Padang Panjang. Dari kota Padang, kamu bisa menggunakan bus, mobil travel ataupun mobil pribadi dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Sementara, dari Batusangkar, Nagari Pariangan bisa dicapai dengan bus, minibus atau ojek hanya dengan 20 menit.

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo