Responsive Ad Slot

Latest

latest

Tips Survive di Dunia Perkuliahan

Wednesday, April 15, 2015

/ by Bapak Tumijan
Tips Survive di Dunia Perkuliahan- Kuliah adalah suatu proses pendewasaan. Baik itu pendewasaan intelektual, keuangan, pengalaman organisasi, sikap, rohani, cinta, dll pokonya semuanya ada dalam kuliah. Kuliah itu bukan sekedar duduk dikelas dan menyimak dosen yang sedang menerangkan suatu materi, tetapi lebih dari itu sob. Kadangkala dalam dunia perkuliahan kamu akan tertimpa banyak sekali masalah, dari mulai masalah akademik, keuangan, pertemanan, percintaan, dan organisasi. Dan anehnya tidak hanya kamu yang akan mengalami masalah tersebut, tetapi hampir semua mahasiswa mengalami hal itu, terutama kamu yang kuliah diluar kota.
Tapi, tenang aja sob semua itu bisa teratasi asalkan kalian survive dalam dunia kuliah. Dan disini admin akan memberikan tips untuk menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk simak baik-baik!
Foto Help

Masalah Keuangan
Keuangan adalah masalah paling umum yang dialami banyak siswi. Ada saja pengeluaran enggak terduga saat belajar. Belum lagi biaya kost, makan dan transportasi yang susah di rem. Duh, apa ya solusinya?
Tips: Mumpung kita sudah kuliah dan jadwal kelas bisa diatur lebih baik. Cari part time yuk! Kita bisa cari kerja paruh waktu yang sesuai dengan jadwal kuliah. Ada beberapa pilihan kayak guru privat, kerja di resto fast food, jaga stand pameran atau kontributor media. Selain part time, coba cari informasi soal beasiswa kuliah. Uang beasiswa nantinya bisa menekan beban pengeluaran yang berhubungan dengan kampus. Jadi uang saku kita bisa diatur untuk biaya hidup.
Dosen
Kadang kita harus berhadapan dengan beberapa dosen killer. Tipe dosen ini sangat susah didekati dan pelit dengan nilai. Padahal mata kuliah yang diajarkannya sangat berpengaruh buat kelulusan nanti.
Tips: Kalau kita merasa enggak nyaman atau aman di kelas, salah satu cara bisa bertemu dengan dekan kampus. Minta pertimbangan menukar kelas dengan alasan yang masuk akal. Kalau cara ini enggak berhasil, mulai sekarang bersikap baik. Datang tepat waktu, duduk di deretan depan, dan sering mengajukan tugas tambahan.
Teman Sekamar
Peraturan kampus mewajibkan siswi baru tinggal di asrama dalam waktu tertentu. Tapi, enggak ada yang kenal nih!
Tips: Biasa banget kalau enggak cocok sama teman sekamar. Buat yang tinggal di asrama kampus dan enggak bisa memilih, bukan berarti harus pasrah. Coba dekati dia dan sering hangout bareng di kampus. Kalau ternyata dia sering mengganggu kita, atau bully dengan kata-kata kasar. Laporkan! Pihak kampus terbuka untuk hal yang bersifat sensitif terhadap siswa mereka. Kita bisa minta menukar kamar yang jauh dari pengganggu.

Tugas Numpuk
Beda dari sekolah, tugas kampus sangat mandiri. Kita juga dituntut melakukan riset kecil saat mengerjakannya. Masalahnya, setiap ngerjain tugas, banyak banget gangguannya. Mulai main HP sampai googling hal konyol di internet. Duh!
Tips: Mahasiswi biasa banget berhadapan dengan tugas menumpuk sampai enggak punya waktu buat hangout. Biar enggak stres, atur jadwal tugas dengan baik. Pakai aplikasi di HP atau laptop yang bikin kita fokus belajar. Kayak, StayFocusd, aplikasi yang bisa memblok penggunaan situs atau fitur pada jam tertentu.
Penampilan
Enggak pakai seragam bikin mahasiswi sering terjebak terlalu sering menghabiskan uang buat membeli baju dan aksesori. Apesnya, uang jajan kita berkurang padahal baru awal bulan. Gimana nih!
Tips: Jangan keburu nafsu belanja outfit baru. Tanpa membeli pakaian baru, kita bisa tampil keren dengan mix and match baju yang ada di lemari. Kalau bosan dengan gaya itu-itu saja, coba akali dengan kreatifitas kita. Kayak bikin kaus ombre, hiasi tote bag dengan studded atau tambahkan aksesori di sepatu kita.
Enggak Lulus 
Awal kuliah kita seneng banget ketemu teman baru, suasana baru dan pergaulan baru. Hampir tiap weekend kita hangout dan tiap hari ngumpul sama temen. Waduh, saking keasikan main lupa belajar. IPK kita hancur dan enggak lulus di beberapa mata kuliah. Oh no!
Tips: Masalah paling umum yang dihadapi mahasiswa, enggak lulus mata kuliah. Awal semester biasanya masa adaptasi tersulit hampir seluruh mahasiswa. Kita belum bisa mengatur kuliah dengan baik. Biar pergaulan dan kuliah tetap seimbang, bijaksana memilih kapan harus main dan belajar. Pas Hangout bawa saja buku pelajaran bikin klub belajar bareng teman sekelas. 
Source: (Kawankumagz.com)

No comments

Post a Comment

- Silahkan berikan kritik dan saran serta jangan meninggalkan Spam / link aktif

Don't Miss
© all rights reserved
made with by templateszoo